Selasa, 07 Februari 2012

Topologi Tree

Topologi Tree – Kelebihan dan Kekurangan Topologi Pohon

Apakah topologi Tree? Apakah kelebihan dan kekurangan topologi tree? Baca artikel dibawah ini untuk mendapatkan ide tentang topologi jaringan
Jaringan komputer telah merevolusi cara informasi yang ditransmisikan ke seluruh dunia. Salah satu kekuatan pendorong globalisasi berkat revolusi jaringan Internet yang merubah struktur teknologi informasi secara mendasar. Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah dibangun. Salah satu faktor utama efisiensi jaringan komputer adalah topologi nya. tata letak fisik dan logis jaringan komputer Dalam artikel ini, saya berbicara tentang topologi tree, yang merupakan salah satu topologi jaringan yang banyak diterapkan di dunia.
pertimbangan topologi sangat penting dalam jaringan komputer. Ketika kita berbicara tentang kerangka topologi komputer, dua aspek yang perlu dipertimbangkan adalah  framework fisik dan logis. Kerangka fisik didefinisikan sebagai koneksi fisik sebenarnya yang dibuat antara komputer dan framework logis topologi mengacu pada jalur transmisi sinyal. Menurut jenis framework  fisik dan framework  logis, ada banyak jenis topologi jaringan komputer, Ini termasuk topologi bus, star, cincin dan tree. Namun dalam kesempatan ini saya hanya memfokuskan topologi tree dan juga kelebihan dan kekurangan topologi tree.

Apakah topologi Tree?

topologi tree - topologi pohon
topologi tree - topologi pohon
Topologi tree atau sering diistilahkan sebagai topologi pohon adalah topologi jaringan komputer secara hirarki merupakan kombinasi dari topologi star dan bus. Jadi, untuk memahami topologi tree, maka perlu untuk memahami mengenai topologi star dan bus. Topologi star adalah salah satu topologi yang paling sering digunakan dalam pembangunan jaringan LAN. Dengan satu hub pusat terhubung ke beberapa komputer. Baca artikel Pengertian Topologi Star
Topologi bus melibatkan sambungan serial komputer secara linear dan kabel tunggal menangani lalu lintas data dalam jaringan. Topologi bus melibatkan koneksi serial dari komputer secara linear dan kabel tunggal menangani lalu lintas data antara semua komputer. Jaringan topologi bus dapat dikenali dari penggunaan sebuah kabel backbone (kabel utama) yang menghubungkan semua peralatan jaringan dan kedua ujungnya menggunakan T-Connector dengan terminator 50ohm di kedua ujung.
Topologi tree didesain  berdasarkan kombinasi topologi.bus dan ring. Hal ini dapat dicapai dengan mengintegrasikan hub multi jaringan star bersama-sama pada satu bus. Bayangkan sebuah diagram topologi jaringan tree dengan banyak jaringan star dengan hub pusatnya. Kemudian gambarlah garis yang hanya menghubungkan  hub bersama ke titik pada satu line. Hub ini umumnya terhubung dengan satu hub utama yang merupakan akar untuk seluruh jaringan data di antara semua komputer.
Topologi tree dibuat melalui kombinasi antara topologi bus dan ring. Hal ini dicapai dengan mengintegrasikan multi hub pada  jaringan  star bersama-sama dengan bus. Bayangkan sebuah diagram topologi tree dengan banyak star jaringan dengan hub pusat mereka. Kemudian menggambar garis yang menghubungkan hanya hub bersama-sama untuk menunjuk pada satu baris. Hub ini umumnya terhubung dengan satu hub utama yang merupakan akar untuk seluruh jaringan.
Topologi tree memungkinkan beberapa hub eksis pada jaringan yang bertindak sebagai akar untuk terminal yang terhubung dengannya. Topologi pohon ini memiliki struktur jaringan bercabang dan dapat memberikan skalabilitas tinggi. Hub utama adalah terminal paling aktif, mengontrol seluruh jaringan, sementara subhub pasif. Jaringan TV kabel memiliki topologi tree, dengan kabel feed utama dibagi menjadi cabang cabang kecil menuju rumah-rumah.

Kelebihan Topologi tree Vs Kekurangan Topologi tree

Apakah kelebihan dan kekurangan topologi tree ? Berikut penjelasannya
keuntungan Topologi tree sebagai berikut:
  • merupakan topologi yang terbaik untuk jaringan komputer yang besar dibanding jenis topologi komputer lainnya seperti ring dan star tidak cocok untuk skala seluruh jaringan. Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang mudah diatur.
  • Topologi tree memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point.
  • Semua komputer pada model topologi pohon ini memiliki akses segera ke node tetangga dalam jaringan dan juga hub pusat. Jaringan semacam ini memungkinkan beberapa perangkat jaringan dihubungkan dengan hub pusat.
  • Mengatasi keterbatasan dari topologi jaringan star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub dan keterbatasa lalu lintas siaran yang diinduksi topologi jaringan bus.
  • Jenis topologi pohon ini menyediakan cukup ruang untuk ekspansi jaringan masa depan.
Kekurangan Topologi tree  sebagai berikut:
  • Ketergantungan dari seluruh jaringan pada satu hub pusat adalah titik kerentanan untuk topologi ini. Kegagalan hub pusat atau kegagalan utama data cable trunk, dapat melumpuhkan seluruh jaringan.
  • Dengan peningkatan ukuran luar titik, pengelolaan menjadi sulit.
Topologi tree hadir dengan keuntungan dan kelemahannya. Sementara desain jaringan komputer harus memilih topologi yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan sangat tergantung pada sifat pekerjaan dan asas manfaat jaringan komputer yang sedang dirancang. Topologi tree atau topologi pohon ini dipilih jika satu akar server pusat memiliki banyak terminal anak. Saya berharap artikel ini memberi pemahaman bagi Anda tentang jaringan komputer dengan topologi tree.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar