Minggu, 05 Februari 2012

Layanan Berbasis TCP/IP

Layanan Berbasis TCP/IP

Berikut adalah layanan yang disediakan oleh internet yang berbasis pada protokol TCP/IP:
  1. WWW (World Wide Web) Layanan ini adalah layanan yang sering kita gunakan. Layanan WWW ini menggunakan protokol yang dinamakan protokol HTTP (HyperText Tranfer Protocol). WWW merupakan bagian dari internet yang mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini,yang terdiri dari komputer client (pengguna) dan server yang menyimpan berbagai data atau dukumen yang bersifat multimedia.
  2. File Transfer (Pengiriman File) FTP ini memungkinkan kita untuk mengirimkan atau menerima file ke atau dari komputer jaringan. Oleh karena masalah keamanan data,FTP seringkali memerlukan username dan password tertentu,meskipun banyak juga FTP server yang dapat melalui anonymous (pengguna biasa dan tanpa password,permintaan password dapat diisi dengan alamat email).

  3. Remote Login (Telnet) Telnet memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan login ke dalam suatu komputer di dalam jaringan. Ketika kita melakukan telnet,secara tidak langsung kita telah menjadi pengguna yang sah dari komputer tersebut.
  4. Electronic Mail (Email) Layanan yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Untuk pengiriman email digunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan untuk membaca email digunakan protokol POP3 (Post Office Protocol 3).
  5. NFS (Network File System) Sebuah pelayanan akses file-file jarak jauh yang memungkinkan klien-klien untuk mengakses file- file pada jaringan jarak jauh.
  6. Name Server Daftar nama alamat yang digunakan pada internet untuk menjelaskan mengenai alamat asli host internet (berupa nomor IP mesin).
  7. Remote Execution Memungkinkan pengguna komputer untuk menjalankan suatu program di komputer yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar